Kamis, 28 Februari 2013

Mari Olimpiade Sains Kuark


Pada hari Sabtu, 23 Februari 2013 lalu Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik di Pulau Bawean bekerja sama dengan Pengajar Muda Indonesia Mengajar menyelenggarakan babak penyisihan Olimpiade Sains Kuark. Acara ini diselenggarakan secara serempak di enam lokasi di kedua kecamatan di Pulau Bawean, Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak, yakni ....., SDN 2 Tambak, SDN 3 Tambak, dan SDN 4 Tambak.
Sebelum ini, siswa Pulau Bawean mengikuti seleksi awal Olimpiade Sains Kuark di Kabupaten Gresik di Pulau Jawa. Tercatat sekitar 20 peserta yang berhasil diikutsertakan tahun 2012 lalu. “Faktor jarak merupakan kendala utama yang membatasi keikutsertaan siswa Pulau Bawean sebelum ini. Oleh sebab itu, tahun ini kami memperjuangkan terselenggaranya babak penyisihan secara paralel di Pulau Bawean demi memperbesar peluang mereka untuk ikut serta,” ujar Dela Anjelawati, Pengajar Muda Pulau Bawean di SDN 4 Tanjungori. Strategi ini terbukti berhasil secara efektif meningkatkan jumlah peserta yang berpartisipasi dengan sangat signifikan. Tak kurang dari 300 peserta dari SD/MI se-Kecamatan Sangkapura dan 354 peserta dari SD/MI se-Kecamatan Tambak tercatat mengikuti lomba berskala nasional ini. “Hasil ini amat menggembirakan, bahkan jauh di atas ekspektasi kami. Ini membuktikan besarnya dukungan stakeholder pendidikan Pulau Bawean terhadap kemajuan siswa Bawean.” tambah wanita yang akrab disapa Dela ini.
Kesempatan penyelenggaraan seleksi OSK langsung di Pulau Bawean tidak tertutup pada babak penyisihan ini saja. Banyaknya partisipasi di Pulau Bawean membuka peluang diselenggarakannya tahap seleksi selanjutnya, yakni babak semifinal OSK, di Pulau Bawean juga. “Insya Allah babak semifinal OSK untuk siswa Bawean akan diselenggarakan di sini juga pada bulan April. Hal ini diharapkan dapat meringankan beban siswa Bawean agar cukup fokus pada materi seleksi saja, tidak perlu terpecah pada mahalnya dan jauhnya perjalanan,” ujar wanita yang berasal dari pesisir Bengkulu ini.
Sebelum terselenggaranya babak penyisihan ini, UPTD Pendidikan Kabupaten Gresik Kecamatan Sangkapura dan Tambak bersama Pengajar Muda Indonesia Mengajar telah terlebih dahulu mempersiapkan siswa dan guru SD/MI se-Pulau Bawean melalui pelatihan Olimpiade Sains Kuark yang diadakan bulan Desember 2012 lalu. “Olimpiade dan Pelatihan ini insya Allah tidak berhenti sekadar pada tujuan event OSK. Diharapkan ini semua bisa memperkaya pengalaman dan meningkatkan antusiasme kita semua dalam belajar sains, tak terkecuali bagi kami sendiri para Pengajar Muda.” tutup lulusan ilmu komunikasi ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar